Unknown On Jumat, 26 Agustus 2011

Banyak sekali macam tipe konektor yang digunakan dalam komputer, berikut ini adalah konektor-2 yang paling umum digunakan di komputer.

Male Female Catatan
USB A Connector
Standar antarmuka komputer yang umum digunakan saat ini. Ada 2 versi konektor tipe ini, yaitu USB 2.0 dan USB 1.1. Bentuk konektornya sama antara keduanya, tetapi kecepatan tranfer datanya berbeda. Kecepatan tranfer data maksimum untuk USB 1.1 adalah 11 Mbps (mega bit per second) dan kecepatan tranfer data maksimum untuk USB 2.0 mencapai 480 Mbps.
USB B Connector
Umumnya digunakan/pakai oleh alat-alat pendukung komputer (printer, scanner,dll), dimana untuk sisi komputer menggunakan konektor tipe A dan di sisi alat pendukungnya menggunakan konektor tipe B. Konektor tipe B memiliki bentuk yang berbeda dengan konektor tipe A, dimana konektor tipe B berbentuk kubus.
USB mini B Connector
Konector ini umunya digunakan pada alat-2 yang berukuran kecil yang dihubungkan dengan komputer. Konektor ini dewasa ini banyak digunakan di external harddisk yang berukuran kecil, handphone, portable music player, dll.
IEEE1394 4pin
Konekor ini awalnya dikembangkan untuk komputer Apple dan mampu tranfer data maksimum 400 Mbps, umunya terpasang di handycam, nobtebook, dan perangakat didital lainnya
IEEE1394 6pin
Umunnya dipakai di komputer Apple Macintosh, yang membedakan dengan 4pin hanya power supply saja, yang 6pin sudah termasuk power supply.
eSATA (external
Serial ATA)
Konektor untuk external harddisk dengan SATA bus. Kecepatan transfer datanya saat ini mencapai 1500 Mbps, dan dengan kecepatan transfer data 2400 mbps sebentar lagi akan keluar di pasaran. Diharapkan menjadi konektor masa depan dengan kemampuan yang 3 x dari USB 2.0.
RJ45LAN
Konektor LAN yang sangat luas dipakai saat ini (umunnya disebut “RJ45″). Bentunya hampir sama dengan konektor telepon yang memiliki 6 pin, tetapi RJ45 memiliki 8 pin. Kecepatan transfer datanya mencapai 1000 Mbps (teori, krn juga tergantung dari jarak, LAN card, dan hub)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments