Unknown On Selasa, 27 Maret 2012

Kemarin aku menerima SMS dari teman yang menanyakan kepada aku, bagaimana cara Chating lewat DOS? Jadi ku langsung jawab aja kalau dia ingin melakukan chating dalam suatu jaringan dan masih dalam lingkungan windows coba aja net send! Pertanyaan sekarang bagaimana mengaktifkannya? Nah sekarang aku akan membahasnya melalui artikel “Chating DOS with Net Send” :

  1. Masuk di Start → All Program → Run lalu kamu masuk pada service windows dengan mengetikan perintah services.msc.

  2. Sekarang klik 2 kali service yang bernama Messenger.

  3. Pada Messenger Properties kamu harus berada pada tab General lalu Startup type: dalam posisi Manual dan Service Status: dalam keadaan Started dengan mengklik tombol Start. Bila ingin mengaktifkan service Messenger secara otomatis pada saat komputer dihidupkan set Startup type: dalam posisi Automatic.

  4. Ulangi langkah 1 -3 seperti diatas pada komputer lainnya. Maksudnya adalah untuk mengaktifkan Service Messenger Windows pada setiap komputer dalam jaringan.
  5. Masuk di Start → All Program → Accessories → Command Prompt lalu ketikan perintah net send <nama user/nama komputer/ip computer tujuan> <Pesan yang ingin dikirim> seperti gambar dibawah ini:

  6. Bila sukses maka akan tampil pesan yang telah dikirimkan tadi pada komputer tujuan yang bernama Yuscom seperti dibawah ini.

  7. Selanjutnya terserah kamu untuk mengirimkan pesan apa yang ingin dikirimkan kepada teman.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments